15 Ribu Warga Pagaralam ‘Golput’

0

Sumselterkini.com, PAGARALAM – Tak semua warga Pagaralam yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2018 menggunakan hak pilihnya. Ada 15 ribu lebih warga Pagaralam yang memilih ‘golongan putih (Golput)’.

Mengutip laman www.infopemilu.kpu.go.id, total suara Pilkada 2018 di Pagaralam tercatat 86.757 orang. Rinciannya, pemilih laki-laki sebanyak 42.681 orang dan pemilih perempuan 41.554. Ini artinya masih ada 15 ribu lebih warga Pagaralam yang tak menggunakan hak pilihnya alias Golput. Sebab jumlah pemilih yang terdaftar dalam DPT Pilkada sebanyak 101.882. Toh KPU mengklaim, partisipasi masyarakat Pagaralam pada Pilkada kali ini cukup tinggi, di atas 80 persen.

Menurut Ketua KPU Kota Pagaralam, Yenli Elmanoferi SE MSi, tingginya partisipasi pemilih itu karena Pilkada merupakan hajatan lokal. “Tiap warga Pagaralam punya kepentingan untuk menentukan siapa pemimpinnya,” ujarnya.

Adapun Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat, Irfan Amd mengklaim, pihaknya sudah berupaya keras untuk mensosialisasikan Pilkada 2018 kepada warga Pagaralam. Ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

M. Nopriansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here