2019, Sekolah dan Berobat Gratis Bakal Terealisasi

0
sumber: sumeks.co

Sumselterkini.com – Bupati Lahat Cik Ujang SH dan Wabup Lahat H Haryanto SH MM bakal menerapkan sekolah dan berobat gratis per Januari 2019 mendatang.

Diungkapkan Cik Ujang, program sekolah gratis dimulai dari PAUD, Sekolah dasar ( SD ) hingga Sekolah Menengah Pertama ( SMP ).

Berobat gratis untuk seluruh masyarakat Kabupaten Lahat akan dimulai 1 Januari 2019 mendatang. “Tanggal 1 Januari 2019 orang asli Lahat ber KTP Lahat sekolah dan berobat gratis,” ucapnya

Lanjutnya, masyarakat tak usah bingung, dalam berobat gratis untuk sementara ini cukup menunjukan E KTP.

Masyarakat akan  mendapatkan pelayanan berobat gratis kelas III itu.

“Sementara ini tunjukan KTP dulu, nanti akan diberikan kartunya,” ungkapnya.

Meskipun mendapatkan pelayanan kelas III saja, Cik Ujang berjanji pemerintah daerah akan mengecek kondisi pelayanan kelas III.

Serta akan membenahi dan mempeluar ruang pelayanan kelas III.

Selain itu , orang nomor satu di Bumi Seganti Setungguan itu berpesan agar masyarakat dapat menuruti petunjuk dan menaati peraturan yang disampaikan oleh pelayanan tenaga kesehatan.

“Nantinya turuti petunjuk dan tahapan yang akan disampaikan oleh tenaga kesehatan, jangan sampai menabrak aturan yang ada,” tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Lahat dr Rasyidi Amri melalui Sekretaris Dinkes Lahat Ponco Wibowo SKM MM mengatakan, Pemkab Lahat menganggarkan dana dalam upaya jaminan kesehatan bagi warga tak mampu yang terintegrasi melalui BPJS Kesehatan.

Dijelaskannya, untuk 2019 sudah dianggarkan dana sekitar Rp 49 miliar.

Untuk mencover sekitar 168 ribu jiwa masyarakat miskin dan mendekati miskin melalui program Jaminan Kesehatam Nasional (JKN) terintegrasi BPJS Kesehatan

Penganggaran dana jaminan kesehatan ini sesuai visi misi dan program prioritas Pemkab Lahat.

“Ini upaya mencover masyarakat tak mampu yang terintegrasi dengan BPJS Kesehatan,’ ungkap Ponco Wibowo didampingi Kasi Pelayanan Rujukan dan Jaminan Kesehatan Dinkes Lahat, Panhar.

Lanjutnya, untuk Jomsoskes semesta di Kabupaten Lahat tidak berlaku lagi sejak Februari 2018 lalu.

Sementara data tahun 2018 untuk peserta JKN yang dicover dari dana PIB APBD sebanyak 9952 peserta, sedangkan PIB APBN ada 146179 jiwa.

Jadi untuk peserta JKN dari masyarakat miskin dan mendekati miskin untuk 2019 mendatang yang dicover Pemkab Lahat.

Sebanyak 9952 peserta yang dicover ditahun 2018 ditambah 168 ribu peserta yang rencannya dicover pada 2019 mendatang,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here