245 Warga Terjangkit TBC di Muratara

0
sumber: sumeks.co.id

Sumselterkini.com – Pemerintah Daerah melalu Dinas Kesehatan lakukan pembentukan kader Tuberculosis (TBC) di tiap desa di wilayah Kabupaten Muratara.‎ Kondisi itu dilakukan untuk melakukan pemantauan secara langsung siapa saja warga di wilayah ini yang positif terjangkit TBC.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muratara, Dr Mahendra melalui Kabid P2PL Patahurahman menuturkan, penderita TBC cukup banyak didapati di wilayah Kabupaten Muratara. Pihak kesehatan mengaku cukup sulit untuk melakukan pendataan sekaligus pengobatan, lantaran banyak masyarakat yang terjangkit TBC tidak mau mengecek dan menjalani pengobatan.

“Karena itu kita bentuk kader TBC di 98 Desa di wilayah Muratara. Itu untuk memantau sekaligus menjadi tenaga konsultasi yang membimbing masyarakat dalam menjalani pengobatan. Banyak warga yang tidak tahu, jika mereka terngkit TBC jadi mereka harus melakukan pengobatan secara rutin selama enam bulan,” katanya, Senin (13/8).

Hingga saat ini Dinkes Muratara mengklaim sudah menemukan sekitar 245 warga yang terjangkit tuberculosis. Pihaknya meminta masyarakat jika mengalami gejala batuk lebih dari dua minggu, berkeringat di malam hari, berat badan menyusut dan sering lesu, agar segera melakukan pengecekan di pusat kesehatan terdekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here