Uang tunai Rp 388,6 miliar ditemukan dalam 27 tas Najib Razak yang disita

0

Sumselterkini.com, Kuala Lumpur – Polisi Malaysia sudah menghitung jumlah uang tunai dari 27 tas yang disita dari enam properti pribadi mantan Perdana Menteri Najib Razak dalam kaitan kasus dugaan pencucian uang badan pemerintah 1MDB. Menurut harian berbahasa China di Malaysia, China Press, jumlah uang tunai itu mencapai RM109 juta atau Rp 388,6 miliar berupa berbagai macam mata uang.

Dilansir dari laman the Straits Times, Rabu (23/5), uang tunai yang sudah dihitung ini ditempatkan di dalam 15 kotak dan dibawa ke Bank Sentral, kata sumber yang dikutip China Press.

Sumber lain juga mengatakan kepada harian The Star, kepolisan di Kuala Lumpur masih menghitung jumlah uang itu dibantu dari lembaga lain seperti bank sentral dan Bank Negara Malaysia. “Perhitungannya meliputi berbagai mata uang berbeda jadi prosesnya cukup lama.”

“Polisi juga harus mencatat tiap lembar cek yang disita,” ujar sumber itu seperti dikutip The Star. Sejak Senin lalu petugas kepolisian mulai menghitung jumlah uang sejak pagi. Inspektur Polisi Muhamad Fuzi Harun membenarkan proses perhitungan uang itu belum selesai.

“Polisi harus diberi waktu untuk menyelidiki kasus ini,” kata dia. Pada kesempatan terpisah media Malaysia melaporkan petugas dari KPK Malaysia juga memeriksa properti milik anggota Dewan Tertinggi Umno sekaligus mantan anggota parlemen Abdul Azeez Abdul Rahim.

M. Nopriansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here