5 Tips Tetap Sehat Meski Berhemat yang Harus Diterapkan Anak Kos

0

Sumselterkini.com – Menjadi anak rantau yang harus nge-kos memang butuh perjuangan. Tak lagi diatur orang tua, kamu dituntut untuk bisa belajar mandiri. Menjadi anak kos membuatmu harus pintar-pintar mengatur keuangan serta waktu dengan baik.

Terkadang, karena terlampau ingin hemat akhirnya membuatmu tidak memerhatikan kondisi kesehatanmu sendiri. Padahal menjaga kesehatan juga tak kalah pentingnya, lho. Supaya kamu bisa tetap sehat meski berhemat saat nge-kos, berikut 5 tips yang bisa kamu terapkan.

1. Masak makananmu sendiri

5 Tips Tetap Sehat Meski Berhemat yang Harus Diterapkan Anak Kosdramafever.com

Daripada beli di luar, yuk coba mulai memasak makananmu sendiri. Trik satu ini terbukti ampuh menghemat biaya makan, lho! Selain itu, kesehatanmu juga lebih terjaga karena kamu gak sembarangan makan makanan yang tidak jelas komposisi serta higienitasnya.

Kalau tak memiliki kompor portable atau dapur, kamu bisa manfaatkan rice cooker untuk memasak. Ya, rice cooker ternyata tak hanya bisa digunakan untuk memasak nasi, tapi juga beberapa menu lain seperti sup atau bubur.

2. Jangan malas untuk minum air putih

5 Tips Tetap Sehat Meski Berhemat yang Harus Diterapkan Anak Kosdramafever.com

Demi menghemat air, biasanya kamu jadi malas untuk minum air putih. Padahal air putih menjadi salah satu hal yang bisa membuat tubuhmu selalu berenergi di tengah aktivitas yang padat. Mulai sekarang cobalah untuk rajin mengonsumsi air putih agar kamu tidak mudah lelah dan dehidrasi.

Belilah air dalam bentuk galon yang lebih hemat ketimbang membeli kemasan botol. Jangan lupa juga untuk selalu membawa botol air minum agar kamu tidak terus membeli air minum saat haus. Kamu juga bisa isi botol tersebut di kantin atau tempat makan yang menyediakan air minum secara gratis. Hemat tapi tetap sehat, deh!

3. Jangan sering begadang, pastikan kamu tidur yang cukup

5 Tips Tetap Sehat Meski Berhemat yang Harus Diterapkan Anak Kosaminoapps.com

Terkadang karena terlalu bebas kamu jadi seenaknya saja dalam mengatur waktu. Termasuk untuk tidur. Buat kamu yang sering begadang coba kurangi, deh. Selain gak baik untuk kesehatan, begadang juga bisa bikin kamu lebih boros karena membuat kamu terus menerus merasa lapar dan ingin makan.

4. Ganti sarapan dengan buah-buahan

5 Tips Tetap Sehat Meski Berhemat yang Harus Diterapkan Anak Kos

Agar badan tetap sehat, kamu harus memperhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi. Jangan lupa untuk makan buah dan sayur yang penuh serat. Kamu bisa mulai mengganti sarapan dengan buah segar seperti pisang atau pepaya yang murah meriah tapi sehat untuk tubuhmu.

5. Jangan lupakan olahraga

5 Tips Tetap Sehat Meski Berhemat yang Harus Diterapkan Anak Kos

Meskipun hari-harimu dipenuhi dengan aktivitas yang padat, jangan lupa luangkan waktu untuk berolahraga. Gak perlu ke gym, kamu bisa lakukan olahraga sederhana seperti jogging di sekitar kampus atau pilates di kamar. Berolahraga akan membuat tubuhmu jadi lebih fit dan siap menjalani aktivitas.

6. Sesekali lakukan hal menyenangkan untuk menjauhkanmu dari kepenatan

5 Tips Tetap Sehat Meski Berhemat yang Harus Diterapkan Anak Kos

Mengatur keuangan memang perlu, namun jangan sampai kamu menjadi pelit sama dirimu sendiri. Saat kamu mulai suntuk dan penat, gak ada salahnya kok untuk jalan-jalan atau refreshing agar pikiranmu kembali segar.

Kamu bisa nonton film di bioskop, karaoke bareng sahabat, membeli buku incaranmu, atau sekadar piknik di taman. Tak hanya kesehatan fisik, sebagai anak kos yang rutin memikirkan banyak hal kamu juga harus menjaga kesehatan mental supaya kamu gak gampang stress!

Sudah tahu dong sekarang tips berhemat namun sehat ala anak kos? Jangan lupa dipraktikan, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here