6 Tips Gampang untuk Kembangkan Bisnis Hanya dengan Bermodal Instagram

0

Sumselterkini.com – Bukan hanya sebagai sebuah akun sosial, media sosial saat ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat. Dari yang muda hingga tua, semuanya sudah memiliki akun media sosial dan bisa menggunakannya. Namun, kebanyakan orang menggunakan media sosial hanya untuk bersosialisasi atau mendapatkan kabar dari teman-temannya saja.

Padahal, ada banyak manfaat jika kamu bisa menggunakan media sosial dengan maksimal. Salah satunya yaitu mampu mengembangkan usaha bagi pemilik bisnis online. Mengingat masyarakat Indonesia termasuk masyarakat yang sangat aktif di jejaring sosial, kamu wajib memanfaatkan media sosial sebagai kanal marketing. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan bisnismu dengan media sosial. Simak yuk tips-tips berikut.

1. Kamu bisa pilih Instagram sebagai kanal marketingusahamu

6 Tips Gampang untuk Kembangkan Bisnis Hanya dengan Bermodal Instagram

Salah satu media sosial yang bisa kamu manfaatkan sebagai kanal marketing adalah Instagram. Media sosial Instagram sangat erat kaitannya dengan visual dan otak manusia mampu memproses gambar 60 ribu kali lebih cepat daripada kata-kata. Selain itu, 75 persen orang mencari sesuatu yang mereka sukai juga melalui Instgaram. Oleh karena itu Instagram menjadi kanal yang tepat untuk mempromosikan usahamu.

2. Beri tahu calon pelanggan apa yang membuatmu berbeda dengan bisnis lainnya

6 Tips Gampang untuk Kembangkan Bisnis Hanya dengan Bermodal Instagram

Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu membuat profil bisnis. Tuliskan keterangan singkat seputar bisnismu. Sebutkan juga apa yang membuat bisnismu berbeda dengan bisnis lain yang serupa. Jangan lupa cantumkan kontak atau lokasi toko jika ada, agar pelanggan dapat terhubung dengan lebih mudah.

3. Bangun komunikasi yang baik dengan pelanggan

6 Tips Gampang untuk Kembangkan Bisnis Hanya dengan Bermodal InstagramManfaatkan direct message Instagram dengan maksimal. Selain untuk berkomunikasi dengan pelanggan, direct message ini juga bisa kamu manfaatkan untuk bertransaksi. Agar komunikasi dengan pelanggan terjalin baik, bersikaplah responsif dan tulus. Atau kamu bisa gunakan fitur auto reply untuk membuat transaksi bisnis lebih cepat.

4. Buat konten interaktif untuk mendorong para pelanggan melakukan tindakan

6 Tips Gampang untuk Kembangkan Bisnis Hanya dengan Bermodal InstagramUnsplash/ Callie Morgan

Dalam membuat konten, pilih konten-konten yang seru dan interaktif. Sehingga pelanggan akan tertarik untuk memberikan komentar atau hanya sekadar menyukai konten tersebut. Ingatlah bahwa bukan hanya konten kompetitor saja yang menjadi sainganmu, konten yang kamu buat juga akan berkompetisi dengan konten following para pelangganmu, termasuk konten teman-temannya atau konten influencer favoritnya.

Rata-rata seseorang hanya mampu mengingat 10-15 gambar, sementara dia akan melihat ratusan bahkan ribuan gambar yang ada di Instagram. Sehingga pastikan konten kamu masuk ke dalam 15 gambar tersebut.

5. Perluas jangkauan usahamu dengan Instagram Stories

6 Tips Gampang untuk Kembangkan Bisnis Hanya dengan Bermodal Instagram

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Instagram Stories. Konten-konten yang biasa menarik pelanggan adalah konten seputar produk, peluncuran produk atau toko baru, tutorial atau pun pengerjaan di balik layar. Kurang lebih 50 persen orang menonton Instagram Stories berupa video. Selain itu, 1 dari 3 konten biasanya akan mendapatkan komentar secara langsung melalui direct message.

6. Iklankan konten terbaikmu untuk menarik pelanggan-pelanggan baru

6 Tips Gampang untuk Kembangkan Bisnis Hanya dengan Bermodal InstagramSetelah membuat konten untuk akun Instagram bisnismu, kamu bisa mengiklankan konten tersebut. Sebelum mengiklankan, kamu harus tahu dulu siapa target, apa tujuanmu mengiklankan konten ini dan berapa budget yang kamu miliki.

Setelah itu kamu bisa memulai untuk membuat materi iklan. Utamakan membuat materi untuk mobile device, biasanya ukuran yang lebih menarik perhatian adalah konten dengan rasio 1:1 (square) dan rasio 9:16 (vertical). Kamu bisa membuat konten berupa slideshow, video, carousel ataupun story.

Itu tadi beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan bisnismu dengan Instagram. Hal yang paling utama adalah sering lakukan eskperimen untuk mengetahui pola yang disukai pelanggan atau pun calon pelangganmu. Semoga lancar ya usahamu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here