Belgia Tega, Singkirkan Brasil dengan Skor Tipis 2-1

0

Sumselterkini.com, RUSIA – Juara bertahan lima kali Brasil harus mengakui keunggulan Belgia 1-2 di babak perempat final Piala Dunia 2018. Dua gol Belgia hanya mampu dibalas satu sepanjang laga yang digelar di kazan Arena, Sabtu (7/7/2018) dini hari WIB.

Belgia coba meraih asa dengan menekan lebih dulu ke jantung pertahanan Brasil. Akan tetapi, justru tim Samba yang lebih dulu membahayakan jala Thibaut Courtois.

Berawal dari sepak pojok Neymar, bola mengenai Thiago Silva yang maju ke depan. Beruntung bola pantulan menerpa tiang gawang dan kemudian berhasil diamankan pemain belakang Belgia. Pada menit ke-13 pendukung Belgia bersorak berkat gol bunuh diri Fernandinho. Sepak pojok yang dilepaskan Nacer Chadli sejatinya gagal ditanduk Vincent Kompany. Namun, bola justru mengenai Fernandinho dan masuk ke gawang Alisson Becker. Belgia pun sementara unggul 1-0.

Derita Brasil sebagai pemegang lima gelar juara dunia bertambah. Berawal dari serangan balik cepat yang dimotori Romelu Lukaku, Kevin De Bruyne yang mendapat umpan datar tidak kesulitan menaklukkan Alisson. Belgi pun menjauh 2-0 di menit ke-32.

Tertinggal dua gol tim Samba tidak lantas ciut nyali. Philippe Coutinho tercatat dua kali nyaris melubangi gawang Belgia. Beruntung Courtois selalu bisa mementahkannya.

Memasuki menit ke-41 Belgia mendapat tendangan bebas tak jauh dari kotak penalti. Namun, sepakan bebas Bruyne hanya berbuah sepak pojok begitu pun dengan sontekan Kompany yang kembali dapat dipatahkan Alisson. Memasuki babak kedua, Neymar langsung mengancam gawang Belgia. Penetrasinya ke dalam kotak penalti sempat membuat barisan belakang Belgia panik.

Namun, belum sempat menyepak bola Neymar terjatuh di kotak terlarang. Tetapi wasit Milorad Mazic asal Serbia tidak menganggapnya sebagai pelanggaran meskipun telah melihat tayangan ulang dari Video Assistant Refeere (VAR).

Para pemain Brasil kemabli mengklaim penalti di menit ke-56. Kali ini giliran aksi Gabriel Jesus yang mendapat gangguan Kompany. Untuk kali kedua laga dihentikan untuk menyaksikan VAR dan wasit memutuskan bukan pelanggaran.

Usaha Brasil untuk mendapatkan gol hingga menit ke-75 tak juga mendapat hasil. Termasuk saat tusukan Douglas Costa dari sisi kanan permainan yang ditutupnya dengan sepakan langsung ke gawang yang maish dapat diblok Courtois dan bola muntah yang disambar Neymar masih mampu digagalkan pemain belakang Blegia.

Hingga akhirnya, asa bagi Brazil tumbuh saat Renato Augusto yang baru masuk menggantikan Paulinho mencetak gol. Umpan lambung Coutinho berhasil ditanduknya. Skor pun berubah 2-1 di menit ke-76.

Dua menit kemudian Roberto Firmino nyaris membuat laga menjadi sama kuat 2-2. Memanfaatkan umpan datar Neymar, striker Liverpool itu bergeliat di dalam kotak penalti dan ditutup dengan sepakan dari jarak dekat. Sayang usaha tersebut masih melambung.

Penggawa Brasil terus merangsek ke pertahanan Belgia untuk mengejar gol penyeimbang. Akan tetapi hingga 90 menit waktu normal keunggulan 2-1 Belgia tetap terjaga. Brasil pun menjadi tim Amerika Selatan terakhir yang angkat koper dari Rusia.

SUSUNAN PEMAIN
BRASIL (4-2-3-1)
Alisson Becker; Fagner, Thiago Silva, Miranda, Marcelo; Paulinho ( Renato Augusto 73), Fernandinho; Philippe Coutinho, Willian (Roberto Firmino 46), Neymar; Gabriel Jesus (Douglas Costa 58)
Pelatih: Tite

BELGIA (3-4-3)
Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Vincent Kompany, Toby Alderweireld; Thomas Meunier, Marouane Fellaini, Axel Witsel, Nacer Chadli (Thomas Vermaelen 82); Kevin De Bruyne, Romelu Lukaku (Youri Tielemans 87), Eden Hazard
Pelatih: Roberto Martinez

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here