Biar Harimu Gak Berantakan, Ini 5 Tips Untuk Mengatasi Mood Swing

0

Sumselterkini.com – Satu jam yang lalu mungkin kamu sedang tertawa dan bercanda dengan teman-temanmu saat nongkrong di cafe, namun 30 menit kemudian tiba-tiba perasaan unmood datang karena pesanan makananmu tak kunjung datang. Kasus mood swing seperti di atas jadi kebiasaan yang akrab dalam kehidupan kita sehari-hari.

Selain bikin harimu jadi tak lagi menyenangkan, mood swing juga bisa membuat kalian gak produktif, mengerikan banget!

Supaya terhindar dari itu semua, yuk kita simak begini 5 tips untuk mengatasi mood swing!

1. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi

Biar Harimu Gak Berantakan, Ini 5 Tips Untuk Mengatasi Mood Swing  unsplash/Gregory Hayes

Menjaga badan tetap menerima asupan air yang cukup juga ternyata sama pentingnya seperti asupan makan sehari-hari. Menurut Journal of Nutrition, mengalami dehidrasi ringan bisa menimbulkan perasaan murung dan kelelahan hingga mood yang tidak beraturan.

2. Memiliki aturan dalam pola makan

Biar Harimu Gak Berantakan, Ini 5 Tips Untuk Mengatasi Mood Swing  unsplash/Peter Hershey

Kalau kalian tiba-tiba merasa bete ketika mengerjakan sesuatu tanpa alasan yang jelas, bisa jadi lapar adalah penyebabnya. Saat kita sibuk berkegiatan jam makan sering kali terabaikan, padahal berkegiatan dan menunda makan bisa membuat badmood. Hal ini terjadi ketika kita terlalu lama membiarkan perut kosong, kadar gula darah turun akan bercampur dengan gejala panik yang bisa menyebabkan suasana hati menjadi buruk.

3. Istirahat yang cukup

Biar Harimu Gak Berantakan, Ini 5 Tips Untuk Mengatasi Mood Swing  unsplash/Andrei Lazarev

Pada orang dewasa waktu ideal untuk beristirahat secara maksimal adalah 6-8 jam. Kamu harus bisa menurutinya karena ketika kita kekurangan istirahat, segala kegiatan jadi terganggu sebab rasa mengantuk bisa menyebabkan kita merasa lelah. Dan akhirnya hari-hari menjadi tidak produktif sampai merusak mood.

4. Belajar untuk bisa mengatur stress

Biar Harimu Gak Berantakan, Ini 5 Tips Untuk Mengatasi Mood Swing  unsplash/ JoelValve

Mood swing sering muncul ketika kita terlalu over terhadap sesuatu. Misalnya dalam mengatur stress/pikiran negatif. Solusi ini harus banget kamu lakukan karena dengan mengatur stress dan mengubah energi negatif di pikiran kita akan terbebas dari kegelisahan yang tak berujung.

5. Menjadwalkan rutinitas harian

Biar Harimu Gak Berantakan, Ini 5 Tips Untuk Mengatasi Mood Swing  
Mood yang sering berubah-ubah bisa terjadi karena kita tidak memiliki sesuatu yang pasti dalam hidup. Dalam kasus seperti ini kamu bisa mulai menentukan kepastian itu dalam rutinitas yang biasa kamu kerjakan sehari-hari. Buat dirimu menuruti aturan yang ada, sehingga mood kalian juga akan terarah dan perlahan menjadi stabil.

Nah, sekarang kalian gak perlu lagi kerepotan menghadapi mood swing yang menganggu rutinitasmu. Belajarlah untuk bisa menaklukan dan berdamai pada diri sendiri ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here