Bus Gratis Stand-by di Kantong Parkir

0
sumber: sumeks.co.id

Sumselterkini.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel telah menyediakan sembilan titik park and ride atau kantong-kantong parkir yang bisa digunakan pemilik kendaraan untuk melanjutkan perjalanan ke venue Asian Games di kawasan Jakabaring Sport City (JSC). Tak hanya itu, nantinya akan ada bus gratis 50 unit bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengangkut penumpang dari 9 titik parkir tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel, Nelson Firdaus mengatakan penyediaan titik parkir sebagai upaya mengurangi aktivitas angkutan pribadi yang melintas selama perhelatan Asian Games. Apalagi, rencananya Jembatan Ampera akan ditutup untuk angkutan pribadi. Jadi dibutuhkan transportasi yang tepat untuk mengantarkan penumpang ke kawasan Seberang Ulu maupun Ilir.

“Warga yang menggunaan kendaraan pribadi kami harap bisa memanfaatkan kantung-kantung parkir ini untuk memarkirkan kendaraannya. Untuk angkutan umum sudah disiapkan. Yakni bus sebanyak 50 unit dan LRT Sumsel,” ujarnya.

Dijelaskan, ke sembilan kantung parkir itu antara lain adalah Terminal Alang-Alang Lebar, Asrama Haji (daerah Km 10), Gudang Dolog (Perumnas dan Kenten), gedung DPRD Sumsel (daerah Kapten A Rivai), Museum SMB II (BKB Palembang), Lapangan Sepakbola Patra Jaya (daerah Plaju), Stasiun KA Kertapati, Terminal Karya Jaya, dan Dekranasda. “Ada juga dua titik tambahan lain, yakni di eks Cineplex Cinde dan bawah Jembatan Ampera,” katanya.

Masih kata Nelson, titik-titik parkir itu akan dijaga Dishub serta pihak terkait. Parkir kendaraan dikenakan biaya dengan tarif flat. Mobil sebesar Rp2 ribu dan motor Rp1 ribu. “Mobil shuttle nantinya akan menjemput dengan waktu tunggu 5 menit sekali. Diharapkan, upaya ini bisa memudahkan masyarakat yang ingin berpergian dari dan menuju venue Asian Games di Jakabaring,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Nelson, masyarakat juga diharapkan bisa terbiasa menggunakan angkutan umum. “Angkutan umum di Palembang sudah sangat baik. Dilengkapi AC dan aman dari tindak kejahatan,” terangnya. Nelson menambahkan, bus gratis akan disiapkan saat Asian Games bantuan Kemenhub akan diserahkan pada 10 Agustus mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here