China Produksi Kapal Induk Dalam Negeri

0

BEIJING – China mulai melakukan uji coba terhadap kapal induk produksi dalam negerinya pada Minggu (14/5/2018). Kapal induk ini akan menjadi yang kedua untuk angkatan laut China, dan datang saat Beijing berupaya memodernisasi angkatan bersenjatanya.

Kapal, yang diberi nama “Tipe 001A”, berangkat melalui pelabuhan timur laut Dalian, di mana kapal itu dibangun. “Uji coba itu bertujuan untuk menguji keandalan, stabilitas sistem tenaga pengangkut, dan peralatan lainnya,” kutip Telegraph dari kantor berita Xinhua, Senin (14/5/2018).

“Konstruksi pada operator telah berjalan sejak diluncurkan pada April tahun lalu, dan peralatan debugging, perlengkapan dan tes mooring telah selesai untuk membuatnya siap untuk misi percobaan di laut,” imbuh laporan tersebut.

Gambar yang diposting melalui media online China menunjukan kapal induk berada tidak jauh dari dermaga. Kapal itu tampak berlayar untuk uji coba bersama dengan kapal yang lebih kecil.

Meski begitu, kapal induk ini tidak akan menjalani dinas hingga 2020.

Ini adalah kapal induk kedua China. Sebelumnya, China juga memiliki kapal induk Liaoning yang dibeli dari Ukraina pada tahun 1998, namun telah dibangun ulang di tahun 2012 lalu.

Ciri Khas Kedua kapal induk China memiliki ciri “lompat ski” yang landai dan sangat mirip dengan kapal Soviet.

“Ini salah satu perkembangan yang penting, khususnya dalam menjalankan ambisi dan niat Pemerintah China di bawah Xi Jinping,” ujar Steve Tsang, direktur Institut China di Sekolah Studi Oriental dan Afrika (SOAS)

“Armada kapal induk bertujuan pada proyeksi kekuasaan dan untuk dominasi, dan pertama dari beberapa kapal induk buatan dalam negeri,” imbuhnya.

Tsang menilai keberadaan mereka tidak akan menimbulkan tentangan yang besar terhadap dominasi Amerika Serikat (AS) di laut. Sebelas kapal AS bertenaga nuklir dan memiliki teknologi yang jauh lebih unggul, termasuk sistem pelontar untuk meluncurkan pesawat.

 

“Tetapi untuk negara-negara tetangga China lainnya, doktrin berbasis operator baru dari Tentara Pembebasan Rakyat menakutkan, karena tidak satupun dari mereka dapat mencocokkan kemampuan angkatan laut baru Tiongkok,” tukasnya.

 

sumber: sindonews.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here