Dansatgas Karhutla Sumsel Ungkap 99 Persen Kebakaran Lahan Ulah Manusia

0
sumber:sumeks.co.id

Sumselterkini.com, Palembang – Sansatgas Karhutla Sumsel , Kolonel Inf Iman Budiman mengatakan pihaknya masih mengalami kesulitan dalam mengendalikan timbulnya titik api di kawasan Sumsel. Sebab, kesadaran masyarakat tentang bahayanya bencana asap masih kurang. “Membakar lahan masih jadi sebuah solusi bagi masyarakat untuk menggarap lahan. Hal ini yang tidak bisa kita ubah secara frontal. Pantauan kami, 99 persen kebakaran lahan terjadi akibat manusia,” kata Danrem 044/Gapo, itu.

Selain itu, tim Satgas juga terkendala peralatan pemadaman malam hari. Sebab, jarak pandang yang berkurang menyebabkan helikopter yang dimiliki tim menjadi tidak berguna. “Solusinya ya kami bombardir (waterbombing) habis-habisan dari pagi hingga menjelang magrib. Setelahnya, kami tidak bisa lagi mengudara,” ungkapnya.

Pemadaman saat malam dilakukan oleh satgas yang ada di darat. Pihaknya telah membentuk 60 tim. Satu tim terdiri dari 10 orang yang terdiri dari TNI AD, Satgas Penegakan Hukum dan Manggala Agni. Mereka melakukan penyisiran di lokasi kebakaran dan melakukan pemadaman.

“Helikopter juga sudah ada satu lagi dikirim dari pusat, sehingga saat ini ada empat heli yang stand by. Tak lama lagi juga akan ada dua helikopter yang dikirim. Satu heli bisa dua sampai tiga kali sorti dengan daya angkut 4-5 ribu liter air. Tapi idealnya, 10 unit heli yang stand by,” pungkasnya.

Terkait kebakaran yang terjadi di lahan gambut masuk lahan kosensi PT Rambang Agro Jaya, sebenarnya telah dibangun infrastruktur penanggulangan Karhutla melalui pembuatan kanal. Hanya saja, nantinya kanal tersebut bakal dialirkan lagi ke lahan gambut yang mengering. “Jadi kanalnya dipotong dan dialirkan ke lahan gambut yang kering. Sehingga kebakaran bisa dicegah,” terangnya.

Dijelaskannya, kawasan yang terbakar masuk dalam 56 desa rawan yang telah dideteksi oleh pihaknya. “Dari 56 desa, ada 33 desa yang jika terjadi karhutla, asapnya bisa mengarah ke Jakabaring. Nah, tiga lokasi kebakaran hari ini (kemarin, red) masuk dalam 33 desa tersebut,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here