Disdik Lahat Meraih Peringkat Terbaik I akreditasi 2018 Se-Sumatera Selatan

0

Sumsel Terkini.com. Lahat- Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga mandiri dan profesional. Mengingat pentingnya akreditasi sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, pemerintah membentuk Badan Akreditasi Nasional melalui Permendikbud nomor 59 tahun 2012.
BAN-S/M adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP). Selanjutnya, pada Permendikbud nomor 59 tahun 2012 pasal 9 ayat (1) dinyatakan bahwa tugas BAN-S/M adalah merumuskan kebijakan operasional, melakukan sosialisasi kebijakan, dan melaksanakan akreditasi sekolah/madrasah. Dalam pelaksanaan akreditasi, BAN-S/M dibantu oleh Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M).
Sampai saat ini BAN-S/M telah mendapatkan pengakuan dari berbagai lembaga terutama dalam pemanfaatan hasil-hasil akreditasi untuk pengambilan kebijakan, penelitian, dan pemetaan mutu pendidikan. Namun, berdasarkan hasil evaluasi masih dipandang perlu upaya peningkatan kinerja, sumber daya manusia, transparansi, dan akuntabilitas hasil akreditasi.
Rapat Koordinasi Nasional antara BAN-S/M dan seluruh pengurus BAP-S/M dilaksanakan sebagai langkah awal untuk membangun komunikasi, sinergi, dan kerja sama antarlembaga terkait sehingga program akreditasi tahun 2018 dapat terlaksana dengan efektif, efisien, dan transparan.

” Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Lahat Drs. H.Sutoko,MM melalui jejaring sosial menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua unsur-unsur satuan Pendidikan PAUD, SD, dan SMP dalam Kabupaten Lahat atas diraihnya Piagam Akreditasi tersebut, Piagam diserahkan bersamaan dg RAKOR BAN S/M se-Sumatera Selatan di palembang, tanggal 5 Desember 2018. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Lahat diwakili oleh kabid PAUD/DIKMAS terang H.Sutoko.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here