Doa Umi Salamah Terkabul, Jenazah Anaknya Segera Dipulangkan

0
sumber:sumeks.co.id

Sumselterkini.com – Penantian panjang dan doa Umi Salamah akhirnya terjawab. Pasalnya, jenazah anaknya, Shinta Putri Dina Pertiwi, mahasiswi asal Malang yang tewas tengelam di Danau Trebgas Badesee, Bavaria, Jerman akhirnya dapat dipulangkan dan tiba di Indonesia pada 23 Agustus mendatang.

Hal itu dipertegas melalui surat resmi dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia yang diterima Umi pada Selasa (21/8) malam. “Saya sudah dapat konfirmasi resmi dari kemenlu sekitar pukul 20.05 WIB,” ujarnya pada JawaPos.com.

Pada surat dengan nomor 11494/WN/08/2018/66 itu, ada beberapa hal yang disampaikan. Mulai dari kronologis hingga jadwal pemulangan jenazah sudah dituliskan secara detail melalui surat tersebut.

Di surat tersebut dijelaskan, pada tanggal 8 Agustus KJRI Frankfrut menerima informasi tewasnya Shinta di danau Trebgas Badesee, Bavaria (sekitar 297 km dari Frankfurt). Jenazah kemudian ditemukan pada 9 Agustus dan kemudian disemayamkan di Bestattung (rumah duka) untuk dilakukan otopsi.

Selanjutnya, pada tanggal 15 Agustus proses otopsi selesai dan jenazah diizinkan untuk pulang. KJRI pun memfasilitasi proses pemulasaran menurut syariat islam hingga di salatkan pada 17 Agustus dengan dibantu oleh petugas dan mahasiswa Indonesia yang ada di Bayreuth dan sekitarnya.

Di surat tersebut juga diinformasikan mengenai jadwal jenazah yang akan diterbangkan dengan menggunakan Thai Airways TG 433 dengan tujuan Bandara Soekarno Hatta, Jakarta pada 23 Agustus sekitar pukul 11.35 WIB

Disitu juga disampaikan jika pejabat KJRI Frankfurt akan mendampingi pemulangan jenazah sampai di Jakarta. Sedangkan Kemenlu akan membantu penanganan ketibaan jenazah almarhumah di Bandara Soetta dan pendampingannya ke Malang. Surat itu pun ditandatangani langsung oleh Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemenlu, Fajar Nuradi.

Umi pun mengaku bersyukur dengan diterimanya surat resmi tersebut. Pasalnya, setelah sekitar 10 hari tidak mendapat kejelasan, akhirnya dirinya bisa lega setelah mendapat informasi tersebut. “Alhamdulillah bersyukur,” ujar ibu tiga anak itu.

Rencananya, pihaknya akan melakukan penjemputan jenazah di Jakarta.

Sebelumnya diberitakan, mahasiswi asal Malang, Shinta Putri Dina Pertiwi yang sedang menempuh kuliah di Universitas Bayreuth, Jerman dilaporkan tewas tenggelam di Danau Trebgas Badesee, Bavaria, Jerman. Sebelumnya, Shinta dilaporkan hilang pada Rabu (8/8) lalu. Berdasarkan hasil otopsi, Shinta tewas karena murni kecelakaan. Sejak kabar tewasnya Shinta, keluarga sempat dihantui ketidakpastian kepulangan jenazah Shinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here