Giliran Gunung Gamalama Erupsi

0

Sumselterkini.com – Gunung Gamalama di Maluku Utara mengalami erupsi dengan letusan abu vulkanik mencapai 250 meter ke udara. Status Gunung Gamalama pun dinaikkan jadi level II atau Waspada.

“Gunung Gamalama mengalami erupsi minor. Dengan diawali peningkatan kegempaan singkap sebanyak 8 kali gempa vulkanik,” kutip dari Twitter Magma Indonesia, Kamis (4/10/2018).

Perdasarkan data dari pos pengamatan Gunung Gamalama, menunjukkan adanya peningkatan aktivitas vulkanik minor yang berasal dari gas alam yang ada di sekitar lokasi.

“Mekanismenya kemungkinan adalah steam-driven eruption (hydrothermal explosion). Dari sisi gas, Gamalama didominasi gas hidrothermal,” lanjut keterangan Magma Indonesia.

Masyarakat maupun wisatawan diimbau untuk tidak beraktivitas dalam radius 1,5 km dari kawah gunung, seiring dengan meningkatnya status waspada Gunung Gamalama.

“Pada musim hujan, masyarakat yang tinggal di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Gamalama agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar,” tutupnya.

Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau hingga kini masih ada di Level II atau Waspada. Gunung ini mengalami peningkatan aktivitas vulkanik sejak 18 Juni 2018. Sejak Rabu (3/10) kemarin hingga pagi tadi, visual gunung ini tertutup kabut. Angin lemah ke arah Timur dan Baratdaya. Asap kawah tidak teramati.

Namun dari data seismograf tanggal 3 Oktober 2018 tercatat: 422 kali gempa letusan, 1 kali gempa Harmonik, Tremor menerus dengan amplitudo maksimum 3-50 mm (dominan 35 mm).

Gunungapi Anak Krakatau, terletak di Selat Sunda adalah gunung api strato tipe A dan merupakan gunung api muda yang muncul pasca erupsi paroksimal tahun 1883. Aktivitas erupsi setelah pembentukan dimulai sejak tahun 1927, pada saat tubuh gunung api masih di bawah permukaan laut. Tubuh anak krakatau muncul ke permukaan laut sejak tahun 2013. Sejak saat itu dan hingga kini G. anak Krakatau berada dalam fasa konstruksi (membangun tubuhnya hingga besar).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here