Heboh! Ikan Raksasa ini ditemukan Warga

0
sumber: sumeks.co.id

Sumselterkini.com, Baturaja – Warga di RT 28, Lubuk Rambai, Kecamatan Baturaja Timur, dikagetkan dengan temuan ikan tapah berukuran raksasa. Ikan ini ditemukan warga, pagi, di pinggir Sungai Ogan, tak jauh dari Jembatan Ogan 1, Baturaja. ‘’Ikan ditemukan sudah dalam kondisi terdampar,” ucap Anto, warga, Minggu (28/10).

Temuan ikan raksasa ini sempat membuat heboh warga. Warga turun ke pinggir sungai untuk melihat dari jarak lebih dekat. Sayangnya, warga berinisiatif memotong tubuh ikan tersebut untuk dibagi. Diperkirakan, ikan memiliki panjang 1 meter dengan berat 50 kg.
Kadin Perikanan dan Peternakan OKU, Dra Hj Tri Aprianingsih, mengatakan, ikan tapah jarang ditemukan, apalagi yang berukuran besar. ‘’Ikan ini hidup di habitat alam liar,” sebutnya.

Kalau ada warga yang menemukan dan menangkap ikan jenis ini, sebutnya, kalau bisa jangan dibunuh. ‘’Bagusnya dilepaskan kembali ke habitatnya karena bisa jadi ikan tersebut jenis indukan ikan,’’ ujarnya.

Dikatakan, jangan sampai keberadaan ikan tersebut langka. ‘’Apalagi, kita sulit membudidayakan ikan jenis tersebut. Ikan berukuran besar di Sungai Ogan, selain tapah, biasanya jenis ikan pari,’’ ujarnya.

Ikan dengan nama latin Willago ini merupakan jenis ikan air tawar yang tumbuh di daerah Asia, seperti Vietnam, Malaysia, dan Indonesia. Bentuk tubuh yang panjang dan padat dengan struktur morfologi ada kumis dan memiliki kepala dan mulut lebar. Sudut-sudut mulut menjangkau sampai bagian mata (ukurannya tergolong kecil). Mulutnya yang besar itu memiliki gigi-gigi tajam. Ikan karnivora ini memang mampu menggigit apabila ia merasa terancam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here