Ini Jumlah Korban Gempa Lombok

0

Sumselterkini.com – Tim SAR Gabungan terus menyisir daerah-daerah terdampak gempa untuk melakukan evakuasi, penyelamatan dan pertolongan kepada korban gempa 7 SR di Nusa Tenggara Barat (NTB). Data sementara hingga hari ini (6/8) pukul 10.00 WIB, tercatat 91 orang meninggal dunia, 209 orang luka-luka, ribuan jiwa masyarakat mengungsi, dan ribuan rumah rusak.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperkirakan jumlah korban dan kerusakan akibat dampak gempa akan terus bertambah. Pendataan masih terus dilakukan oleh aparat. Dari 91 orang meninggal dunia terdapat di Kabupaten Lombok Utara 72 orang, Kota Mataram (4), Lombok Timur (2), Lombok Tengah (2), Lombok Barat (9), dan Bali 2 orang.

“Sebagian besar korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh. Semua korban meninggal dunia adalah warga negara Indonesia. Belum adanya laporan wisatawan yang menjadi korban akibat gempa,” ungkap Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho, saat memberi keterangan pers di kantornya.

Daerah Lombok Utara paling parah terdampak gempa karena berdekatan dengan pusat gempa. Kerusakan rumah dan bangunan terjadi luas. Rumah-rumah di Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur yang sebelumnya hanya rusak ringan diguncang gempa 6,4 SR pada 29 Juli lalu menjadi rusak berat dan roboh akibat guncangan gempa 7 SR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here