Ini Solusi Banjir-Kekeringan di Palembang

0
sumber: sumeks.co

Sumselterkini.com – Mengatasi masalah kekeringan dan banjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berencana membangun embung atau cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air terkait (sungai/danau).

Direncanakan pembangunan embung ini akan menggunakan lahan seluas 100 hektare meliputi dua kecamatan di Metropolis, yakni Ilir Barat dan Gandus atau tepatnya berada di Talang Kepu.

Kepala Dinas PUPR Palembang A Bastari Yusak mengatakan, saat ini pihaknya masih dalam tahap pengkajian, menyusun detail engineering design (DED). Kemudian juga untuk lahan nanti dinilai dulu oleh KJPP dan ini perlu studi kelayakan.

“Semua proses ini kami perkirakan akan berlangsung hingga 2020, termasuk juga soal pembebasan lahannya, jadi pengerjaan akan memakan waktu dari 2020 sampai 2021 mendatang,” terangnya saat diwawancara usai rapat pembangunan embung di ruang rapat Setda II Kota Palembang, kemarin (27/12).

Pembangunan embung yang memiliki dual fungsi, yaitu untuk pengendalian banjir dan juga mengatasi kekurangan air ketika musim kering ini merupakan kali pertama di Palembang.

“Untuk air baku pertama kali, kalau yang embung khusus untuk pengendali banjir kita sudah punya, yaitu danau yang berada di Jakabaring Sport City (JSC),” jelasnya.

Sedangkan pendanaan proyek ini akan dibangun dengan sistem sharing. “Sistemnya nanti sharing, baik itu melalui APBD kota, provinsi dan juga APBN,” ujarnya. Namun, mengenai nilai investasi pihaknya belum tahu pasti, karena nilai ini perlu diperhitungkan.

Soal pembangunan embung ini, lanjutnya sudah komitmen bersama, bahkan menjadi prioritas. “Ini juga sudah dimasukkan dalam RT/RW dalam RJPMD kota Palembang 2018 – 2023 dan pembangunan ini memang dibutuhkan untuk menjaga ketersediaan ketika musim kering, dan juga pengendalian banjir dengan sistem pintu air ketika banjir akan bisa dialirkan ke sini,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here