Jack Ma Pensiun Minggu Depan

0

Sumselterkini.com –  Pendiri Alibaba Jack Ma dipastikan akan pensiun dari perusahaannya minggu depan. Setelah pensiun, ia akan mengikuti jejak Bill Gates, yaitu menekuni filantropi.

Jack Ma, kini berusia 53 tahun, membangun Alibaba sejak 1999 sampai akhirnya kini menjadi bisnis bernilai USD 420 miliar. Ia kini memiliki 6,4% saham di Alibaba, yang membuatnya menjadi pria bernilai USD 40 miliar.

Saat ini, di Alibaba posisi Jack Ma adalah Executive Chairman, setelah menyerahkan posisi CEO-nya ke David Zhang pada 2013. Dan menurut laporan yang ada, Zhang jugalah yang akan melanjutkan pekerjaan Jack Ma setelah ia pensiun nanti, The Verge, Sabtu (8/9/2018).

Setelah pensiun nanti, ada dua hal yang mungkin dikerjakan oleh Jack Ma, yaitu filantropi dan pendidikan. Saat ini Jack Ma sudah mempersiapkan dengan matang rencana untuk berbuat lebih di bidang filantropi.

“Kalian akan segera tahu. Aku mempersiapkan Jack Ma Foundation. Semua itu sudah aku persiapkan selama 10 tahun,” kata dia.

Di sisi lain, Jack Ma juga membuka kemungkinan ingin jadi guru lagi jika sudah pensiun. Dalam sebuah forum edukasi di China, Jack Ma bercerita bahwa sebelum merintis Alibaba, dia memang pernah menjadi guru bahasa Inggris.

“Pendidikan bisa berdampak besar. Ketika aku memulai Alibaba, pendidikan sangat membantuku,” ujarnya.

Kabar akan pensiunnya Jack Ma sudah beredar sejak pekan lalu. Jack Ma terindikasi sudah merasa tidak betah menjalankan Alibaba. Bahkan, entah serius atau tidak, dia pernah mengatakan menyesal telah membuat Alibaba sebesar sekarang.

“Kesalahan terbesarku adalah menciptakan Alibaba. Aku tak pernah mengira ini akan mengubah hidupku. Aku hanya coba melakukan bisnis kecil-kecilan dan tumbuh sedemikian besar, ada tanggung jawab dan masalah besar. Setiap hari malah jadi sibuk seperti presiden. Dan kemudian aku kehilangan hidupku,” katanya dalam sebuah kesempatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here