Jalan Gubeng Ambles, Polisi Usut Soal Kelalaian

0

Sumselterkini.com – Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menerangkan, pihaknya turut memantau perkembangan dari amblesnya Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. Bahkan, penyidik mulai mengusut apakah ada tindak pidana di balik insiden itu.

Kondisi tanah yang ambles di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Rabu (19/12/2018). Amblesnya jalan ini diduga akibat proyek pengembangan RS Siloam. – (Galih Cokro/Jawa Pos)

Menurut dia, penyidik dari Polresta Surabaya telah memeriksa lima orang pekerja lapangan terhadap proyek yang ada di sekitar lokasi dan tiga orang saksi yang melihat kejadian tersebut. Dengan adanya pemeriksaan, nantinya penyidik akan mencari tahu apakah ada kelalaian, sehingga mengakibatkan amblesnya jalan itu.

Kondisi tanah yang ambles di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Rabu (19/12/2018). Amblesnya jalan ini diduga akibat proyek pengembangan RS Siloam. – (Galih Cokro/Jawa Pos)

“Apabila SOP (standar operaional prosedur) tidak dilakukan bisa masuk pidana, karena berakibat kerusakan bangunan lain,” ujar dia di Mabes Polri, Rabu (19/12). Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah ini menambahkan, tim di lapangan masih menyelidiki dugaan kesalahan konstruksi yang diduga penyebab amblesnya tanah tersebut.

Kondisi tanah yang ambles di Jalan Raya Gubeng, Surabaya, Rabu (19/12/2018). Amblesnya jalan ini diduga akibat proyek pengembangan RS Siloam. Robert Risky/ Jawa Pos

“Polrestabes Surabaya bersama Pemerintah Kota Surabaya akan mengaudit proyek. Apakah ada SOP atau ketentuan bangunan yang dilanggar seperti itu,” kata Dedi.

Dia pun menyebut, sangat kecil kemungkinan amblesnya jalan itu karena bencana alam.

“Kecil sekali kemungkinan bencana alam kalau bicara logika,” tandas dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here