Junjung Kejujuran, IEW SUMSEL Bersama Masyarakat Siap Kawal Pemilu 2018

0

Sumselterkini.com, PALEMBANG – Menjelang pemilu 2019 berbagai pelanggaran seperti terjadinya praktik melawan hukum yakni mencuri star kampanye lewat media massa, cetak dan elektronik. Hal inilah yang menjadi landasan pemuda- pemudi yang tergabung dalam Indonesian Election Watch (IEW) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk menghimbau kepada masyarakat agar turut aktif terlibat dalam melakukan pengawasan kepada peserta pemilu serta kepada partai politik pula dihimbau agar tetap menjaga keamanan dan kejujuran untuk tidak melakukan praktik melawan hukum.

Arif Wicaksono selaku Koordinator Indonesia Election Watch Provinsi Sumsel, Senin (5/11) menjelaskan bahwa berdasarkan peraturan Komisi Pemilihan Umum No. 32 tahun 2018 perihal tahapan, program serta jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019 No.13 kampanye calon anggota DPR, DPD, dan DPRD serta pasangan calon presiden dan wakil presiden pada point A yaitu pelaksanaan kampanye melalui pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye kepada masyarakat umum dan pemasangan alat peraga yang dimulai sejak 23 September 2018, sementara poin B yakni pelaksanaan kampanye melalui rapat umum dan iklan dimedia massa, cetak maupun elektronik yang akan dimulai pada 24 Maret 2019 mendatang.

“Sebenarnya dari pasal yang saya jelaskan tadilah kami dari IEW Provinsi Sumsel turut mengambil posisi untuk bersama masyarakat turut memantau jalannya proses pemilu diseluruh Sumsel, hal ini untuk menghindari kecurangan- kecurangan dalam pelaksanaan pemilu 2019,” ujar Arif.

Ia turut mengajak masyarakat untuk selalu taat hukum dan menjunjung tinggi kejujuran dengan cara apabila menemukan praktek melawan hukum seperti mencuri star kampanye pada media massa, cetak maupun elektronik dan berbagai jenis kecurangan lainnya agar bersama IEW Provinsi Sumsel segera melapor ke pihak berwenang seperti Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU).

“Kita sebagai masyarakat harus terus menjunjung tinggi nilai kejujuran, bersama IEW Provinsi Sumsel mari kita kawal pemilu 2019, apabila terjadi pelanggaran IEW akan segera melaporkan kepihak BAWASLU,” tandas Arif tegas mengakhiri wawancara bersama awak media.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here