Kalahkan Swiss, Swedia Lolos ke Perempat Final Piala Dunia 2018

0

Sumselterkini.com – Timnas Swedia lolos ke perempat final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Swiss dengan skor 1-0 pada laga 16 besar yang digelar di Stadion Saint-Petersburg, Rabu (3/7/2018).

Gol kemenangan Swedia dicetak oleh Emil Forsberg pada menit ke-66.

Pada laga ini, Swiss sebenarnya lebih unggul dalam penguasaan bola, yakni dengan 63 persen, berbanding 37 persen milik Swedia.

Pada awal babak pertama, Swiss melakukan inisiatif serangan via Xherdan Shaqiri. Dia melakukan tendangan, tetapi masih melebar di sisi kiri gawang Swedia.

Swiss kembali mencoba untuk mencetak gol. Kali ini lewat Steven Zuber. Namun, tendangannya masih belum bisa menembus gawang Swedia yang dikawal Robin Olsen.

Swedia bukan tanpa serangan. Tim asuhan Janne Anderson itu coba menekan lewat Marcus Berg. Mendapat ruang, Berg melakukan tendangan di kotak penalti, tetapi masih melambung.

Selanjutnya, pemain Swedia, Albin Ekdal, juga mencoba untuk membuat gol pertama. Namun, usahanya juga masih gagal.

Setelah itu, hingga babak pertama berakhir, kedua tim belum mampu mencetak gol dan skor masih 0-0.

Pada babak kedua, Swedia mencoba bermain lebih agresif. Beberapa kali pergerakan dari Emil Forsberg merepotkan lini pertahanan Swiss.

Namun, usaha Forsberg masih bisa diantisipasi oleh barisan pertahanan Swiss.

Swiss bukan tanpa serangan. Ricardo Rodriguez mencoba melakukan tembakan dengan kaki kanan dari luar kotak penalti, tetapi masih diblok oleh barisan pertahanan Swedia.

Pendukung Swedia akhirnya bisa bersorak pada menit ke-66 setelah Forsberg bisa menjebol gawang Yan Sommer.

Forsberg menembak dengan kaki kanan dari luar kotak penalti ke pojok kiri atas setelah menerima umpan dari Ola Toivonen.

Tendangan Forsberg sempat mengenai bek Swiss, Manuel Akanji, sehingga arah bola berubah dan menjebol gawang Swiss.

Tertinggal, Swiss mencoba untuk lebih menekan. Xherdan Shaqiri melakukan tendangan dengan kaki kiri ke arah gawang, tetapi masih bisa diblok.

Setelah itu, Granit Xhaka pun mencoba melakukan tembakan dengan kaki kiri dari luar kotak penalti, tetapi usahanya masih belum berhasil.

Swiss kembali mendapat peluang. Mendapat umpan silang dari Rodriguez, Haris Seferovic menyundul bola tersebut.

Namun, Robin Olsen bisa menangkap bola dan mengamankan gawang Swedia.

Swedia melakukan serangan balik. Michael Lang mendapat kartu merah karena mendorong Martin Olsson di dekat kotak penalti.

Wasit sempat menunjuk penalti, tetapi setelah menggunakan video assistant referee (VAR), keputusan itu dianulir dan menjadi tendangan bebas. Namun, tendangan bebas itu gagal dimanfaatkan menjadi gol.

Hingga babak kedua usai, skor tetap 1-0 untuk kemenangan Swedia.

Atas hasil ini, Swedia lolos ke perempat final Piala Dunia 2018 dan akan menghadapi antara Kolombia atau Inggris.

Swedia: 1-Robin Olsen, 4-Andreas Granqvist, 3-Victor Lindelof, 6-Ludwig Augustinsson, 2-Mikael Lustig, 8-Albin Ekdal, 13-Gustav Svensson, 10-Emil Forsberg, 17-Viktor Claesson, 20-Ola Toivonen, 9-Marcus Berg

Pelatih: Janne Anderson

Swiss: 1-Yann Sommer, 5-Manuel Akanji, 20-Johan Djourou, 13-Ricardo Rodríguez, 6-Michael Lang, 15-Blerim Dzemaili, 10-Granit Xhaka, 11-Valon Behrami, 14-Steven Zuber, 23-Xherdan Shaqiri, 19-Josip Drmi

Pelatih: Vladimir Petkovic

Wasit: Damir Skomina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here