Kawanan Bandit Mengelas ATM BCA dengan Las Oksigen Asetilen

0
sumber:sumeks.co.id

Sumselterkini.com, PALEMBANG – Keamanan Kota Palembang, Sumatera Selatan diuji. Setelah beberapa hari lalu ada penangkapan sejumlah terduga teroris, kali ini digegerkan dengan aksi pembobolan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Lokasi ATM dalam Minimarket Alfamart Sukabangun 2-2, Jl Sukabangun II, Simpang Soak Simpur, Kecamatan Sukarami, Palembang. Kejadiannya, Sabtu (21/7). Pelaku mengelas bodi mesin ATM BCA, lalu menggondol empat kaset ATM (money cassette) berisi uang Rp320,9 juta.

Pelaku yang diduga berjumlah empat orang, beraksi sekitar pukul 03.00 WIB. Masuk dengan memanjat tembok beton belakang setinggi 2,5 meter. Mereka memotong kawat berduri di atas. Baru merusak pintu terali besi belakang dengan cara dilas. Api dari alat las juga menghanguskan pintu dan kusennya.

Kawanan pelaku juga mencongkel pintu belakang. Pintu tengah penghubung ruang depan. Pelaku membelah bodi mesin ATM BCA merek Wincor-Nixdorf (buatan Jerman) dengan kode WSID: 296U, menggunakan las oksigen asetilen yang tertinggal dalam ritel Alfamart. Selain tabung oksigen asetilen warna putih setinggi 1 meter, juga ada torch (pembakar), regulator, selang, serta tabung elpiji 3 kg. Lalu dua linggis, dua obeng, dan jaring warna putih. Nah, dari dalam mesin ATM BCA itu, pelaku menggondol empat kaset ATM berisi uang pecahan Rp100 ribu berjumlah Rp320.900.000.

Di lokasi kejadian, terlihat Wakapolsekta Sukarami AKP Polin E Pakpahan, Kanit Reskrim Iptu Marwan, dan Kanit Pidum Polresta Palembang Iptu Tohirin, menyaksikan tim Inafis melakukan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Saksi Tri Sutrisno (24), dan Waluyo (23), sekuriti dari PT Andalan Artha Lestari selaku vendor BCA, membuat laporan polisi ke Polsekta Sukarami.

Kapolsekta Sukarami Kompol Rivanda didampingi Wakapolsek AKP Polin E Pakpahan, mengatakan, peralatan las, obeng, dan linggis yang tertinggal di TKP sudah diamankan. Pihak BCA dan PT Andalan Artha Lestari, telah melaporkan kejadian tersebut secara resmi ke Polsekta Sukarami. Tertuang dalam Laporan Polisi (LP) Nomor: LP/B-1343/VII/2018/Sukarami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here