Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan ke Banyuwangi Naik Tiga Kali Lipat

0

Sumselterkini.com, BANYUWANGI – Selama libur Lebaran 2018, kunjungan wisatawan ke tempat wisata di Banyuwangi mengalami peningkatan tiga kali lipat. Wisatawan Nusantara (Wisnus) mendominasi.

Salah satu destinasi yang menjadi favorit adalah Kawah Ijen. Destinasi yang terkenal dengan blue fire-nya itu, dikunjungi ribuan wisatawan setiap harinya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda mengatakan, tiga lokasi menjadi pilihan wisatawan. Yaitu Pulau Merah, Bangsring, dan Kawah Ijen. Ketiganya
mengalami peningkatan kunjungan hingga tiga kali lipat.

“Untuk jumlah pastinya, kami masih melakukan pendataan. Selama libur Lebaran kami bentuk tim, untuk melakukan pengawasan agar tidak ada kecurangan yang dilakukan oleh pengelola wisata. Seperti menaikkan harga yang tidak standar dan pelayanan yang kurang maksimal, kami tegur mereka,” kata Bramuda, Jumat (22/6).

Kepala Resort Konservasi Wilayah (RKW) 18 Kawah Ijen Sigit Haribowo mengatakan, dibandingkan libur Lebaran tahun lalu, tahun ini mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang diterima, pada 18 Juni jumlah pengunjung ke Kawah Ijen mencapai 2.700 orang. Di hari berikutnya mencapai 3.097 orang, dan pada 20 Juni, mencapai 1.500 orang.

“Dari jumlah tersebut didominasi wisatawan domestik dari luar daerah Banyuwangi. Tapi yang jelas meningkat dibanding libur Lebaran tahun kemarin,” kata Sigit.

Sigit memprediksi puncak kunjungan wisatawan akan terjadi pada, Sabtu (23/6) atau Minggu (24/6) dini hari. “Prediksi kami puncak kunjungan akan terjadi pada malam Minggu karena merupakan pekan terakhir liburan,” jelas Sigit.

Ditambahkannya, wisatawan asing sengaja tidak memilih liburan pada libur Lebaran karena mereka tahu akan ramai. Pada libur lebaran kali ini, hanya terdapat 50 hingga 60 wisatawan asing yang berlibur di Kawah Ijen.

“Ketika libur lebaran wisatawan asing tidak terlalu banyak, karena mereka menghindari keramaian di Ijen. Selain itu gelaran Piala Dunia 2018 di Rusia, juga mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan asing,” kata Sigit.

Sementara, pengelola wisata Bangsring Underwater, Suyanto, mengaku kewalahan melayani wisatawan. Karena mulai pagi hingga siang puluhan ribu wisatawan mulai memadati pesisir pantai Bangsring.

“Lebaran tahun ini, tercatat lebih dari tiga ribu pengunjung, yang berwisata di sini, setiap harinya. Kami harus menambah tenaga untuk mengawasi pengunjung yang berenang di pantai,” kata Suyanto.

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersyukur mudik dan libur Lebaran tahun ini berjalan lancar. Destinasi wisata dipromosikan besar-besaran, termasuk Banyuwangi. Menurutnya, total terdapat 30 juta wisatawan yang mudik.

“Seperti diduga, mudik ramai sekali. Total 30 juta wisnus. Secara umum yang mudik, Alhamdulillah berjalan lancar,” kata Arief yang juga mudik ke Banyuwangi. Menpar

Arief menjelaskan, Kementerian Pariwisata sudah melakukan berbagai promosi  wisata besar-besaran dari tiap destinasi. Ada juga promosi kuliner dan event-event. “Itu kita skenariokan, setiap daerah kita promosikan besar-besaran top 10 kuliner dan destinasi. Itu untuk lebih membuat orang-orang bergairah buat mudik dan menikmati libur Lebaran,” ungkapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here