Mau Diresmikan Jokowi Juli, Progres LRT Palembang Capai 95%

0

Sumselterkini.com – Progres pembangunan light rail transit (LRT) di Palembang, Sumatera Selatan, secara keseluruhan sudah mencapai 95 persen. Rencananya Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan LRT Palembang pada 15 Juli nanti.

“Progres pembangunan LRT keseluruhan sudah 95 persen. Sisanya tinggal proses persiapan evakuasi dan sebagainya, tapi ada juga pengerjaan di sejumlah stasiun” kata PPK LRT Palembang, Suranto saat berbincang dengan wartawan Selasa (26/6/2018).

Dari total lintasan sepanjang 23,4 km itu, Suranto meyebut seluruh trek dipastikan sudah tersambung. Begitu juga dengan uji coba, seluruhnya bejalan lancar mulai dari Depo Jakabaring hingga ke stasiun Palembang Icon.

“Uji coba berjalan mulai lancar dari Depo Jakabaring hingga ke stasun Palembang Icon. Rencananya akhir bulan ini seluruh trek dari Depo ke Bandara sudah selesai di uji coba,” katanya.
“Kalaupun nanti ada perbaikan, itu paling lambat sekitar tanggal 5-6 Juli. Artinya masih ada sekitar 9 hari untuk persiapan PT KAI sebelum diresmikan pertengahan Juli mendatang oleh Presiden,” sambung Suranto.

Kecepatan kereta saat dilakukan uji pun sejauh ini maksimal sudah mencapai 70 km/jam. Dimana uji coba dilakukan dari pukul 20.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB dini hari. Dengan pertimbangan tak ada lagi pekerja di area perlintasan.

Meskipun 13 stasiun ditargetkan selesai pengerjaan sebelum diresmikan, Suranto mengaku tak dapat memastikan apakah ke 13 stasiun itu langsung beroperasi.

“Target kami semua stasiun selesai dan siap untuk beroperasi. Tetapi apakah ini akan dioperasikan semua atau tidak ya tergantung keputusan Kementerian dan PT KAI. Intinya semua kereta LRT sudah siap, termasuk petugas di stasiun juga siap,” kata Suranto meyakinkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here