Menang atas SFC, Persija Habisi Peluang Persib Rebut Gelar Liga 1 2018

0

Sumselterkini.com – Kemenangan Persija Jakarta atas Sriwijaya FC (SFC) membawa pertaka buat Persib Bandung. Persija memastikan Persib keluar dari perburuan gelar Liga 1 musim ini berdasarkan posisi di klasemen.

Persija menang 3-2 atas Sriwijaya FC pada laga pekan ke-32 Liga 1 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (24/11/2018). Tiga gol Persija dicetak Marko Simic pada menit kedua, Ramdani Lestaluhu (31), dan Maman Abdurahman (90+1), yang hanya dibalas Manuchekhr Dzalilov (20) dan Alan Henrique (penalti menit ke-63).

Kemenangan ini membuat Macan Kemayoran mengambil alih klasemen Liga 1 2018, mengusur PSM Makassar. Persija meraup 56 angka, unggul dua poin atas PSM. Juku Eja -julukan PSM- akan melakoni pekan ke-32 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (25/11/2018).

Kemenangan Persija, menutup peluang Persib juara. Maung Bandung mengoleksi 50 poin di peringkat 3 dengan sisa dua laga. Jika berandai-andai Persib berhasil mengamankan enam poin di dua laga terakhir, maka maksimal mendapat 56 angka. Setara dengan raihan Persija saat ini.

Berdasarkan regulasi Liga 1 2018, sesuai Pasal 9 tentang Sistem Kompetisi, penentuan peringkat klasemen jika dua klub atau lebih memiliki poin sama, maka akan diberlakukan head-to-head dengan urutan kriteria sebagai berikut:

a) jumlah poin yang lebih tinggi didapat masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan di antara klub-klub terkait; 

b) selisih gol yang lebih baik dari masing- masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan diantara klub-klub terkait;

c) jumlah gol memasukkan masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan yang telah dimainkan diantara klub-klub terkait;

d) jumlah gol tandang masing-masing klub dari pertandingan-pertandingan (gol tandang dikalikan 2) yang telah dimainkan diantara klub-klub terkait.

Persib dan Persija sudah dua kali bentrok di Liga 1 2018. Pada 23 September 2018, Persib menang 3-2 atas Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Sedangkan Persija menang 1-0 atas Persib di kandang pada 30 Juni 2018.

Jika berdasarkan urut-urutan aturan, maka di poi a, b, dan c, baik Persija dan Persib sama kuat. Namun, Persija unggul dalam head-to-head gol tandang (poin d).

Persija mencetak dua gol (dikalikan 2 maka bernilai 4 poin). Sedangkan Persib gagal mencetak gol di laga tandangnya (0 poin). Nah, dengan demikian, posisi Persib tetap di bawah Persija Jakarta sekalipun misalnya Macan Kemayoran dua kali gagal meraup poin sempurna di dua laga terakhir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here