Menteri Termuda Malaysia Usia 25 Tahun, Siapa Dia?

0

Sumselterkini.com – Syed Sadiq Syed Abdul Rahman menjadi menteri termuda Malaysia di kabinet baru Perdana Menteri Mahathir Mohamad. Syed yang berusia 25 tahun diberi jabatan sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga.

Menteri termuda Malaysia sebelumnya adalah Khairy Jamaluddin, saat itu berusia 37 tahun, juga menjabat sebagai menteri pemuda dan olahraga.

Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad telah melengkapi daftar nama kabinetnya pada Senin, 2 Juli 2018. Ia menunjuk 13 orang menteri bersama 28 wakil menteri yang baru saja dilantik oleh Sultan Malaysia, Muhammad V dari Kelantan.

Syed merupakan lulusan hukum dari International Islamic University dan baru saja menolak tawaran pendidikan beasis`wa S2 jurusan Kebijakan Publik.

Syed terkenal dengan kecakapannya berdebat. Dia pernah memenangi beberapa penghargaan seperti kompetisi debat Asian British Parlementary (ABP) sebanyak tiga kali, mengutip The Star. Kiprahnya di dunia politik Malaysia juga makin meningkat setelah ia menang melawan kandidat petahana dari Barisan Nasional, Datuk Seri Razali Ibrahim dalam pemilihan konstituen yang ke-14 di negeri itu.

Bagi generasi millenial Malaysia, sosok Syed Saddiq dianggap dapat mewakili suara mereka.

“Saya kagum padanya karena dia menjalankan apa yang dia bicarakan – dia bilang dia ingin membuat perubahan, dia masuk politik dan dia melakukannya, tidak seperti banyak orang yang hanya bicara dan tidak melakukan apa-apa,” ujar seorang yang menonton video debat Syed di YouTube sebagaimana dikutip dari Channel News Asia.

Beberapa atlet dari negeri jiran pun menyambut kehadiran Menteri Pemuda dan Olahraga baru mereka. Salah satunya pebulutangkis Lee Chong Wei, sebagaimana dikutip dari The Star, berharap menteri baru itu dapat terjung langsung dalam dunia olahraga.

“Ini adalah angin segar, sebagaimana kita tahu mantan Menteri olahraga, Khairy, melakukan kerja yang baik. Di bawahnya para atlet yang berhasil di Olimpiade Rio mendapatkan insentif yang baik. Malaysia juga tampil juara dalam Sea Games di Kuala Lumpur tahun lalu dan kami juga menghasilkan beberapa juara dunia. Aku yakin Menteri baru akan melakukan hal yang baik juga,” kata Chong Wei yang baru saja memenangi gelar ke 12 di kompetisi Malaysia Open pada Minggu lalu.

“Dia muda dan tentu saja akan membawa gagasan baru bagi industri olahraga Malaysia. Saya berharap dia lebih mendukung olahraga motorsports,” ujar pebalap Malaysia, Nabil Jeffri yang baru saja balapan selama 24 jam di Le Mans.

Selain Syed, ada Yeo Bee Yin yang berusia  35 tahun dengan diberi jabatan sebagai Menteri Energi, Teknologi, Sains, Perubahan Iklim, dan Lingkungan.

Sebagai perbandingan, mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak pada usia 25 tahun diberi jabatan sebagai Wakil Menteri Energi dan Telekomunikasi pada 1978.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here