Merokok di KTR, Didenda Rp100 Ribu

0

Sumselterkini.com – Jakabaring Sport City (JSC) masuk kawasan tanpa rokok (KTR). Pengunjung yang kedapatan merokok di kawasan tersebut didenda Rp100 ribu. Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP) Provinsi Sumsel, kemarin melakukan penertiban dan sidang yustisi. Majelis hakim Pengadilan Negeri Palembang dipimpin Abu Hanafiah SH MH memvonis warga berinisial WK yang merokok di JSC didenda Rp100 ribu.

Plt Kepala Satpol PP Sumsel, Leni Marlina mengatakan vonis majelis hakim sudah sesuai Peraturan Daerah (Perda) Sumsel Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) yang dikuatkan SK Gubernur Sumsel Nomor 378/KPTS/Dinkes/2018 tentang area JSC sebagai Kawasan Tanpa Rokok.

Dimana dalam pasal 24 perda tersebut, warga yang merokok di kawasan JSC bisa dipidana penjara tiga bulan atau dikenakan denda maksimal Rp500 ribu. “Mengingat yang bersangkutan juga sudah mengakui seluruh perbuatannya dan berjanji tak akan mengulanginya lagi,” ujar Leni, kemarin (20/8).

Dia menegaskan hukuman ini diharapkan bisa memberikan efek jera bagi warga yang sering merokok di kawasan tanpa rokok. “Kami harap warga tidak lagi merokok di kawasan tanpa rokok karena kami sudah memberikan sanksi tegas,” katanya.
“Ada tim khusus 30 petugas akan menegakan aturan ini. Tim ini juga dibantu 314 personel lain yang berjaga di venues JSC,” ucapnya. Pihaknya juga akan razia ke kawasan lain yang bebas asap rokok untuk mengefektifkan perda.

Terpisah, untuk memastikan kondisi kondusif selama perhelatan Asian Games 2018, Satpol PP Palembang menyisir pedagang kaki lima (PKL) sepanjang Bandara SMB II sampai Jakabaring. Kepala Bidang Operasional (Kabid Ops) Satpol PP Palembang, HS Hendra mengatakan, penyisiran ini setiap hari untuk memastikan tak ada PKL sepanjang jalur protokol tersebut.

“Ada 30 anggota Sat Pol-PP yang turun. Mereka bertugas hingga tengah malam. Ini juga sebagai upaya menjaga keamanan dan kenyamanan. Maka kita turunkan tim untuk melakukan penertiban seperti ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here