Musim Kemarau, Taman Kota Palembang Butuh Perawatan

0
Foto: sumeks.co.id

Sumselterkini.com, Palembang – Sekitar dua minggu lagi musim kemarau diperkirakan akan melanda Kota Palembang. Tentunya hal ini juga berdampak pada perawatan taman-taman kota yang memerlukan perhatian ekstra.

Namun, untuk menghadapi musim kering tersebut Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Pera-KP) juga sudah punya siasat untuk merawat taman saat musim kemarau tiba. “Biasanya kalau hujan tidak turun, taman yang ada dalam kota kita siram,” ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Pera-KP) Erwani Matdehi.

Tidak hanya itu, setiap taman juga perlu perawatan dan peremajaan. Bahkan, penyiraman dilakukan sampai dua kali sehari. Seperti taman yang ada di depan kantor Wali Kota Palembang, taman Polda dan lainnya. Peremajaan meliputi penggantian tanaman yang sudah tidak layak. “Secara rutin juga kita lakukan peremajaan agar taman tetap indah,” tambahnya.

Ditanya soal kendala dalam mengurus taman, ia mengungkapkan kerap kali ditemukan sampah yang dibuang sembarang di sekitar taman. Sehingga terkadang tanaman patah dan mati. “Kadang-kadang orang yang lewat di pinggir jalan membuang sampah sembarangan ke taman,” ucapnya.

Saat ini, tidak banyak penyesuaian dalam jadwal perawatan taman di bulan puasa. Kemudian di malam harinya mulai jadwal penyiraman. “Petugas kami saat pagi-pagi sekali sudah melakukan perawatan,” terangnya.

Salah seorang petugas yang tengah menyiram tanaman mengaku, setiap hari pihaknya melaksanakan tugas di malam hari. “Seluruh taman kota kita siram. Nah, kalau pemeliharaan biasanya dilakukan siang hari termasuk kebersihannya,” ujarnya.

M. Nopriansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here