Penjualan iPhone XR Terancam Molor karena Masalah Layar?

0

Sumselterkini.com – Ada kemungkinan jadwal penjualan iPhone XR molor dari rencana awal pada bulan Oktober. Kabarnya ada masalah pada layar LCD yang digunakan ponsel ini.

Dugaan tersebut bermula dari informasi yang ada di laman resmi AT&T. Dalam keterangan produk, iPhone XR dinyatakan belum mendapatkan sertifikasi ponsel AS, FCC. Ponsel ini belum dan tidak akan dijual hingga mengantongi sertifikasi tersebut.

Belum didapatnya FCC sendiri terkait penerapan notch pada layar LCD. Desain berlekuk dikatakan lebih mudah untuk diterapkan pada panel layar OLED karena mereka tidak memerlukan sumber cahaya yang terpisah. Di sisi lain, panel LCD harus bergantung pada unit lampu latar (BLU) untuk tujuan yang sama. Hal ini menyebabkan masalah dengan kinerja tampilan dan perlu ditangani oleh Apple.

Sulit untuk memastikan kapan tepatnya FCC akan memberikan sertifikasi kepada iPhone XR. Tapi Apple sudah menyadari potensi kendala itu sehingga disebut-sebut sudah menyiapkan tanggal alternatif bilamana harus menunda penjualan iPhone XR.

Pun begitu, seandainya iPhone XR sudah berhasil memdapat FCC lebih cepat maka ponsel varian termurah dari ketiga iPhone baru tahun itu tersebut sudah bisa dipesan pada 19 Oktober mendatang. Untuk diketahui iPhone XR mempunyai desain dan fitur nyaris mirip dengan dua iPhone baru lain, namun dengan layar yang berbeda.

Layar yang dipakai di iPhone XR disebut sebagai Liquid Retina, yaitu layar LCD 6,1 inch dengan resolusi 1792 x 828 pixel dan kepadatan pixelnya adalah 326 ppi.

Meski bisa juga disebut sebagai iPhone XS versi besar, namun iPhone XR mempunyai beberapa perbedaan dibanding saudaranya itu. Bodinya berbahan aluminum, bukan stainless steel. Lalu sertifikasinya hanya IP67, bukan IP68, dan layarnya hanya LCD, bukan OLED.

Selain itu ada juga fitur yang disunat pada iPhone XR, seperti ketidakhadiran 3D Touch pada layarnya. Sebagai gantinya, Apple membenamkan sistem Haptic Touch serupa dengan yang dipakai di trackpad MacBook Pro.

Begitu juga dengan kamera, iPhone XR hanya mempunyai sebuah kamera belakang, sama seperti iPhone 8. Kamera ini punya lensa lebar dengan resolusi 12 megapixel. Meski begitu, Apple tetap menambahkan fitur portrait mode, yang mengkombinasikan hardware dan software untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh.

Namun soal prosesor, iPhone XR memakai prosesor yang sama seperti XS dan XS Max, yaitu A12 Bionic, yang dibuat dengan pabrikasi 7nm, lengkap dengan pemrosesan AI Neural Engine anyar.

iPhone XR dirilis dengan enam pilihan warna, hitam, putih, biru, coral, kuning, dan merah. Opsi storage yang tersedia 64 GB, 128 GB, dan 256 GB akan dijual dengan harga mulai USD 749, atau sekitar Rp 11 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here