Penumpang Ini Meninggal dalam Penerbangan

0
sumber: sumeks.co.id

Sumselterkini.com, Palembang – Penumpang Lion Air dari Palembang tujuan Surabaya didapati meninggal dunia sekitar 20 menit ketika penerbangan, Kamis (12/7). Pesawat dengan nomor penerbangan JT 857 yang take off dari Bandara SMB II Palembang pukul 10.49 itu, akhirnya kembali ke bandara semula atau return to base (RTB), landing pukul 11.40 WIB.

Penumpang yang duduk di seat nomor 10C itu, diduga meninggal dunia akibat serangan jantung. Dari identitasnya, didapati atas nama Kurdiman (33), warga Jl Macan Lindungan, RT 06, RW 05, Kelurahan Bukit Baru, Palembang. Pria kelahiran OKU Timur, 5 April 1985 tersebut tercatat sebagai karyawan BUMN.

Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Bandara SMB II Palembang, Bayuh Iswantoro SE, menyebut dalam kejadian itu pilot mengambil keputusan RTB karena menyangkut nyawa seseorang. Dalam hal ini penumpangnya. ”Pilot lalu berkoordinasi dengan bandara untuk RTB,” ujarnya, ketika dikonfirmasi tadi malam.
Dikatakan, awak kabin sudah berusaha melakukan upaya penyelamatan saat penumpang tersebut mengalami sesak nafas. Setelah pesawat landing, petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang juga melakukan upaya penyelamatan. Oleh satu orang dokter dan dua perawat.

“SOP (Standar Operasional Prosedur)-nya memang begitu. Tapi penumpang akhirnya dinyatakan sudah meninggal dunia,” tambah Bayu. Selanjutnya sekitar pukul 11.50 WIB, penumpang tersebut dibawa ke RS Myria Palembang menggunakan mobil ambulans Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Bandara SMB II Palembang.

Turut mendampingi, petugas dari KKP, petugas Lion Air dan keluarga dari penumpang itu sendiri. Di bagian lain, penerbangan dari Palembang tujuan Surabaya tersebut sempat mengalami keterlambatan akibat insiden tersebut. “Pesawat JT 857 take off lagi menuju Surabaya, pukul 12.33 WIB,” pungkas Bayuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here