Segera Beroperasi, Ini Tarif Naik LRT Palembang

0

Sumselterkini.com – Kereta api ringan atau light rail trainset (LRT) Palembang, Sumatera Selatan segera dioperasikan. Ada 2 tarif yang akan diberlakukan saat kereta LRT beroperasi.

“Untuk tarifnya kemarin sudah dikirim ke Menteri Perhubungan. Ada dua tarif yang nantinya diberlakukan, tarif pertama dari stasiun bandara menuju stasiun OPI Rp 10 ribu dan di luar bandara itu Rp 5 ribu,” kata Direktur Lalulintas Perkeretaapian, Zulmafendi saat ditemui di Palembang, Selasa (10/7/2018).

Perbedaan tarif diberlakukan mengingat jarak tempuh stasiun berbeda. Terutama dari stasiun bandara SMB Palembang ke stasiun akhir LRT di Ogan Permata Indah (OPI) Jakabaring.

Selain tarif, kata Zulma, pihaknya tengah membahas terkait integrasi antar stasiun agar terhubung dengan transportasi lain di Palembang. Baik Transmusi, angkutan kota (angkot) hingga transportasi umum lainnya.

“Tadi kami membahas masalah integrasi antara LRT dengan moda angkutan jalan raya lainnya. Artinya apa, kalau nanti LRT beroperasi harus ada yang bawa mereka ke tujuan tertentu,” kata Zulma.

Dengan begitu, penumpang tidak hanya datang dari stasiun tanpa ada angkutan yang membawanya untuk melanjutkan perjalanan. Sehingga butuh pengaturan angkutan jalan raya sejak dini.

“Jadi jangan nanti penumpang itu hanya yang ada di stasiun saja, tetapi ada juga penumpang dibawa pakai busway atau angkutan kota lain saat turun atau naik,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Selatan, Nelson Firdaus mengatakan pembahasan integrasi angkutan antar stasiun dilakukan menjelang Asian Games Agustus mendatang.

“Hari ini kita membahas soal integrasi antar moda transportasi di stasiun ke tempat-tempat lain. Ini sebagai salah satu upaya untuk mempersiapkan angkutan jelang Asian Games,” terang Nelson.

Pola ini, kata Firdaus, dilakukan karena saat Asian Games Jembatan Ampera sebagai salah satu akses menuju ke stadion Jakabaring Sport City (JSC) itu akan ditutup. Dimama hanya akan ada angkutan umum saja yang melintas.

“Nanti Asian Games Jembatan Ampera ditutup dan tidak dapat dilewati untuk kendaraan umum. Jadi hanya ada angkutan umum saja, inikan tentu harus dibahas,” tutupnya.

Untuk diketahui, kereta LRT Palembang dijadwalkan beroperasi dan diresmikan Presiden Joko Widodo 15 Juli. Kereta beroperasi penuh dari stasiun bandara hingga ke Depo Jakabaring sejauh 23,4 Km dengan 13 stasiun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here