Sriwijaya Promotion Center disulap menjadi Media Center

0
sumber:sumeks.co.id

Sumselterkini.com – Ruangan Sub Main Press Center (MPC) dan International Broadcaster Center (IBC) di Sriwijaya Promotion Center (SPC) siap menyambut ratusan awak media. Mulai dari lokal, nasional bahkan internasional. Hingga kemarin (14/8), tercatat sekitar 100 jurnalis asing sudah datang untuk meliput perhelatan Asian Games XVIII-2018.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sumsel, Dr Inanda Karina Astari Fatma mengatakan, ruangan SPC telah disulap menjadi media center. Tempat awak media mengetik dan mengirimkan naskah berita ke kantor beritanya masing-masing. Di tengah gedung, telah tersedia 30 unit komputer dilengkapi dengan jaringan internet yang cepat. Sehingga, tidak menjadi kendala bagi awak media yang ingin melakukan pengiriman berita.

“Tidak hanya komputer yang langsung terkoneksi internet. Kami juga telah menyiapkan 50 acces point dengan kecepatan yang beragam. Seluruh gedung telah disediakan jaringan wifi. Sehingga awak media yang membawa perangkat sendiri bisa menggunakan akses tersebut,” ujar Inanda, kemarin (14/8).

Jaringan kelistrikan pun sudah dipersiapkan dengan baik. Menurutnya, bisa dipastikan jaringan listrik yang ada di MPC tidak akan terganggu selama perhelatan. Sebab, telah menggunakan power supply. “Jadi walaupun ada pemadaman, gedung ini telah dilengkapi tenaga listrik cadangan yang langsung menyuplai listrik. Kami sudah melakukan simulasi pemadaman. Dan saat simulasi hanya berkedip,” katanya.

Inanda menyebutkan awak media juga akan mendapat makan tiga kali sehari selama melakukan peliputan Asian Games. Makanan yang disajikan gratis dan bisa disantap kapan pun oleh awak media. “Kami sudah siapkan makanan berat dan ringan untuk awak media selama berada di MPC. Ada kopi dan teh juga. Semuanya gratis,” terangnya.

Dijelaskan Inanda, nantinya juga ada kursi pijat refleksi. Awak media bisa secara bergantian menggunakannya. “Ada 10 kursi pijat yang disiapkan,” bebernya.
Inanda berharap segala fasilitas yang diberikan bisa memberikan kenyamanan bagi awak media yang melakukan peliputan. “Ini juga persembahan dari kami Pemerintah Provinsi Sumsel untuk menyambut wartawan yang berasal dari luar negeri dan Sumsel,” pungkasnya.

Pantauan di lapangan, gedung SPC sudah ramai didatangi awak media baik dari dalam dan luar negeri yang akan melakukan peliputan Asian Games 2018 di Palembang. Mereka yang telah melakukan validasi ID card e-Inasgoc diperkenankan masuk dengan melakukan scan terhadap ID card yang dimilikinya. Di dalam hall SPC, sudah tersaji puluhan unit komputer serta meja dan kursi kosong bagi wartawan yang memiliki perangkat sendiri. Di tengah hall juga terdapat dua unit big screen yang menampilkan siaran langsung pertandingan di beberapa venue.

Sementara di sudut kanan ruangan terdapat ruang peristirahatan yang menyajikan makanan berat, kudapan dan minuman hangat. Lantai SPC juga telah dilapisi karpet. Sehingga kebersihannya tetap terjaga. Tidak hanya itu, di setiap meja juga terdapat tong sampah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here