Tak Terpakai, Alsintan Bisa Ditarik

0

Sumselterkini.com – Terhitung sejak tahun 2013–2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Dinas Pertanian, sudah ada sekitar 196 unit alat mesin pertanian (Alsintan), khususnya handtraktor yang tersebar kepada Kelompok Tani (Poktan), di lima Kecamatan se-KotaPagaralam.

“Dari tahun 2013 hingga sekarang, khusus handtraktor kita mendapat dan sudah didistribusikan ke Kota Pagaralam sebanyak 196 unit. Jadi kalau kita asumsikan, untuk satu hektar handtraktor bisa kita gunakan minimal 10 – 15 hektar per bulan, dengan
luas lahan baku kita sebesar 3.388 hektar. Untuk lima tahun kedepan, kita masih dan hanya kurang 36 unit handtraktor,” jelas Plt Dinas Pertanian Kota Pagaralam, Hellen Phornica STP MSi.

Angka itu tambah Hellen,tentu saja dengan catatan, handtraktor yang telah diberikan selama ini, dapat digunakan, dipelihara dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Kelompok yang menerima manfaat ada 78 Poktan,kelompok tani yang hadir disini, memang Poktan yang sudah melalui prosedur dan tahapan yang berlaku di Dinas Pertanian,” ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here