Tips Berbelanja Saat Diskon Lebaran

0

Menjelang lebaran, biasanya toko dan pusat perbelanjaan mulai memberikan diskon besar-besaran yang cukup menggiurkan. Menghadapi pesta diskon, Anda tentu harus cerdas.

Jangan sampai Anda menjadi korban karena hanya tergiur potongan harga. Belanjalah dengan hati-hati, pastikan barang yang Anda beli memang barang yang Anda butuhkan.

Berikut 6 tips belanja cerdas di tengah serbuan diskon besar-besaran:

1. Pilih barang dengan hati-hati

Saat memberikan diskon, banyak penjual bermain curang dengan mencampur barang dalam kondisi baik dengan yang sudah rusak.  Kerusakannya mungkin sangat kecil sehingga tidak bisa langsung terdeteksi mata, misalnya sobek kecil pada pakaian.

Pedagang biasanya memanfaatkan momen diskon untuk `membersihkan` barang-barang yang rusak dari tokonya. Jadi hati-hatilah dalam memilah barang, karena sebagian besar toko memiliki aturan bahwa barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan.

2. Pergi berbelanja dengan banyak waktu

Belanja saat ada diskon membutuhkan energi ekstra dan waktu luang. Pasalnya, para pemilik toko biasanya menyatukan seluruh barang diskon di rak-rak tanpa terorganisir dan kategorisasi. Semua ditumpuk jadi satu hingga menggunung.

Anda tentu memerlukan banyak energi untuk membongkar semua rak agar bisa menemukan barang-barang yang Anda sukai dan butuhkan. Jangan pernah berbelanja dengan terburu-buru.

3. Buat budget

Sebagian besar barang yang dijual saat ada diskon cenderung murah. Potongan harga bisa jadi membuat Anda tidak berpikir panjang dalam membeli barang.

Alhasil, ada banyak barang yang tidak Anda butuhkan `nangkring`di keranjang belanjaan Anda dan siap-siap menggelontorkan uang lebih banyak.

Jadi sebelum berbelanja, tetapkan anggaran belanja dan tuliskan barang-barang apa saja yang akan Anda beli dalam satu daftar belanjaan. Berpeganglah pada budget yang sudah dibuat!

4. Jangan membawa anak Anda saat belanja

Ramainya toko, banyaknya orang berlalu lalang serta sempitnya ruang gerak, kondisi itu sangat buruk jika Anda membawa anak Anda saat sedang berburu barang diskon karena mereka menuntut semua perhatian Anda dan tidak membuat Anda leluasa saat berbelanja.

Saat berberbelanja Anda perlu hati-hati dan bersusah payah membongkar tumpukan barang yang menggunung, demi mendapatkan barang bagus dengan harga terbaik. Itulah sebabnya, sebaiknya Anda tidak membawa anak Anda.

5. Jangan membeli barang dari satu toko

Menjelang lebaran, ada banyak toko dan mal yang memberi diskon secara bersamaan. Itu berarti Anda memiliki banyak pilihan. Jangan habiskan uang di satu toko karena Anda akan menyesal jika menemukan barang yang sama di toko lain dengan harga lebih murah.

Datangi beberapa toko, lalu tentukan barang yang dijual di toko mana yang paling Anda sukai dan harganya sesuai budget

6. Membeli barang yang akan dibeli dengan harga penuh

Salah satu pertanyaan terbaik bagi diri sendiri saat akan membeli barang diskonan adalah “Apakah saya sangat menyukai barang ini sehingga sebenarnya saya akan membelinya, bahkan dengan harga penuh?” Jika jawabannya iya, langsung bayar barang itu ke kasir.

Pertanyaan ini akan membantu Anda untuk membedakan antara membeli sesuatu hanya karena harnya turun atau membeli sesuatu karena Anda memang menyukainya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here