Tips Pemilih bagi Pemilih Pemula 2018

0

Sumselterini.com – Rabu (27/6/2018) sekitar 171 daerah di Indonesia akan mengadakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2017. Pemungutan suara ini akan menentukan siapa yang akan menjadi Wali Kota, Wakil Wali Kota, Bupati, Wakil Bupati, juga Gubernur tergantung dari masing-masing daerah.

Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 14 Tahun 2018, Presiden Joko Widodo pun telah menetapkan Rabu, 27 Juni 2018 sebagai Hari Libur Nasional.

“Menetapkan hari Rabu, tanggal 27 Juni 2018, sebagai hari libur nasional dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara serentak,” demikian bunyi penggalan keppres tersebut, Senin (25/6/2018).

Pertimbangan hari libur nasional ini diambil untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat menggunakan hak pilihnya.

Pilkada serentak 2018 ini pun menjadi pemilihan suara pertama bagi mereka yang baru menginjak usia 17 tahun.

Untuk memudahkan pemilih pertama melakukan pengambilan suara, berikut TribunStyle.com rangkum pedoman langkah pelaksanaan pemungutan suara di TPS Pilkada Serentak 2018, dilansir dari kpu.go.id, Selasa (26/6/2018).

1. Pemilih mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdekat di mana nama pemilih terdaftar sebagai pemilih di TPS tersebut.

2. Pemilih mendatangi meja KPPS 4 untuk memeriksa keseuaian pemilih antara formulir Model c6-KWK atau Model AS-KWK dengan KTP-el atau Surat Keterangan dan memeriksa jari pemilih.

3. Pemilih diarahkan untuk menuliskan namanya pada formulir Model C7-KWK dan wajib menandatanganinya.

4. Pemilih duduk di kursi pemilih untuk selanjutnya menunggu giliran panggilan.

5. KPPS 1 memanggil pemilih berdasarkan urutan kedatangan pemilih untuk diberikan surat suara dalam keadaan terbuka.

6. Periksalah surat suara apakah rusak atau tidak.

. Pemilih menuju bilik suara, lalu periksa kembali surat suara, jika surat suara ruska atau gambar tidak jelas, pemilih berhak menukarkannya.

8. Cobloslan gambar pasangan calon kepala daerah atau kolom kosong tidak bergambar (apabila terdapat paslon tunggal) dengan alat coblos yang telah disediakan.

9. Selanjutnya surat suara yang sudah dicoblos dimasukkan ke dalam kotak suara.

10. Pemilih menuju meja tinta untuk menandai jari pemilih dengan tinta yang sudah disediakan KPPS 7 sbegai bukti bahwa pemilih sudah melaksanakan haknya sebagai pemilih.

11. Pemilih keluar TPS melalui pintu keluar.

12. INGAT! Pastikan pemilih untuk tidak menghilangkan tanda tinta pada jari sebelum proses pemilihan selesai.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here