Anggaran Kesehatan dan Pendidikan Palembang Diatas Nasional

0
Sumselterkini.com – Pelayanan Kesehatan menjadi bahasan dalam kegiatan penandatanganan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019, yang dilaksanakan hari ini, Selasa (18/12/18), di hotel Swarna Dwipa Palembang.

Dimana, Walikota Palembang, Harnojoyo menjadi salah satu kepala daerah yang hadir langsung untuk melakukan penandatanganan DIPA, bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Secara umum 80 persen masyarakat Palembang, telah menikmati pelayanan BPJS. Kedepan akan dipikirkan bagaimana menggandeng pihak swasta  dalam hal kerjasama terkait dana CSR,” ungkapnya.

Harnojoyo menerangkan, kesehatan dan pendidikan jadi prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Hal itu terbukti dengan penganggaran dana kesehatan dan pendidikan yang melebihi standart nasional.

“Alhamdulilah PAD Kota Palembang mengalami peningkatan. Bahkan, itu juga anggaran Palembang telah berimbang 40 persen pajak tidak langsung dan 60 persen pajak langsung,” tandasnya.

Sementara, Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menerangkan, hari ini seluruh Pemerintah Kabupaten – Kota melakukan penandatanganan DIPA untuk APBD 2019.

Dimana, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel telah melakukan alokasi transfer ke daerah dan dana desa tahun 2019 sebesar Rp 32 Triliun ke 17 Kabupaten – Kota.

“Tujuannya untuk penguatan fiskal daerah, sedangkan total DIPA sejumlah 542 juta dengan total anggaran 13 triliun lebih yang berasal dari 45 Kementerian atau lembaga yang diterima Sumatera Selatan itu dari 45 Kementerian lebih 13 triliun di luar yang kita terima secara langsung apabila kita total maka ada sebesar 45 triliun lebih anggaran dari pusat tahun 2019,” ulasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here