Daerah Rawan Terbakar di Muba

0

SANGA DESA – Musim Hujan di bulan Mei ini tidak merata di wilayah Sumatera Selatan, khususnya di Wilayah Muba. Petugas menemukan ranting dan dahan yang kering di Desa Terusan, Kecamatan Sanga desa. Tumpukan dahan dan ranting kering ini berpotensi terbakar. Jika dibiarkan kondisi ini bisa menjadi pemicu terbakarnya lahan dan hutan (karhutla). ‘’Petugas menjaga lahan dengan dahan ranting serta semak belukar yang kering,” kata Iptu Muklis, Kapolsek Sanga Desa.

Tak hanya polisi, petugas Manggala Agni dan masyarakat peduli api (MPA) juga disiagakan di lokasi itu. ‘’Selain patroli lahan, petugas juga gencar mensosialisasikan ke seluruh masyarakat soal larangan pembakaran dalam membuka lahan dan kebun,’’ katanya

Dikatakan, siapa yang nekad membakar lahan, terancam hukuman 15 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar. ‘’Aparat kepolisian bersama TNI, Manggala Agni, MPS, selalu patroli dan siaga mengantisipasi karhutla di Kecamatan Sanga Desa,’’ katanya.

Camat Sanga Desa, Irwan Sazili, mengatakan, sosialisasi larangan membuka lahan dengan cara dibakar terus dilakukan. ‘’Kalau bisa buka lahan dengan cara memotong, lalu tumpukan dahan dan ranting jangan dibakar,’’ katanya.

Dikatakan, warga jangan nekad melakukan pembakaran. ‘’Sanksi hukumnya sangatlah tegas. Ini dilakukan, agar Sumsel bebas asap dan Asian Games sukses terlaksana,’’ katanya. (yud)

Sumber: sumeks.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here